Referensi Tentang Tutorial Android, Bisnis Online, Internet, Komputer , Otomotif dan Update Terbaru

Soekarno | Pembelaan Muhammad Hatta ketika Bung Karno Di Hina

Muhammad Hatta, Soekarno

Soekarno.  Sedang ramai polemik soal Pasal Penghinaan Presiden. Jadi Presiden Indonesia memang tidak mudah, sedikit-sedikit dikritik bahkan dihina. Dari zaman Soekarno hal itu sudah terjadi. Tanpa tahu masalah yang sebenarnya enak saja mengkritik.

Kisah itu diceritakan Bung Hatta di sela-sela pertempuran 10 November. Saat itu Inggris meminta Presiden Soekarno berbicara pada rakyatSurabaya supaya menahan diri. Sebab sudah tercapai perdamaian antara kedua pihak.

Bung Tomo, tokoh pemuda Surabaya pun sudah melakukan hal itu. Dia telah bicara dengan lantang di radio, intinya menahan diri bukan berarti kalah oleh Inggris, tetapi demi terwujudnya perdamaian.

Namun rumor yang berkembang di kalangan para pemuda pergerakan di Jakarta lain lagi. Rumornya, Soekarno meminta rakyat Surabaya agar menyerah. Soekarni, seorang tokoh pemuda saat itu pun menemui Bung Hatta di kediamannya.

"Soekarno telah menyerah kepada kemauan Inggris, oleh karena itu tidak pantas lagi menjadi Presiden Republik Indonesia," kata Soekarni pada Mohammad Hatta.

Dengan tenang Hatta menjawab. "Dan siapa penggantinya?"

"Tan Malaka," jawab Soekarni.

Hatta menegaskan pada Soekarni, bahwa Republik Indonesia bukanlah suatu perkumpulan yang ketuanya dapat diganti saja atas tuntutan beberapa pemimpinnya, Republik Indonesia adalah suatu negara yang presidennya dipilih dengan cara tertentu menurut Undang-undang Dasar.

"Cobalah saudara pelajari UUD negara kita itu. Selain daripada itu, tidak benar pula yang saudara tuduhkan kepada Soekarno," kata Hatta pada Soekarni.

Hatta lalu menjelaskan peristiwa yang terjadi di Surabaya. Dia paham betul apa yang terjadi di sana, karena langsung berada di Surabaya. Tidak cuma mendengar desas-desus.

"Sesudah itu, Soekarni tidak dapat berkata lagi dan akhirnya dia meninggalkan rumahku," kata Hatta.
Source: mdk.to

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soekarno | Pembelaan Muhammad Hatta ketika Bung Karno Di Hina

0 komentar:

Posting Komentar